Thursday, November 15, 2012

Gejala Rematik


Gejala rematik sangat bermacam-macam. Meskipun belum diketahui secara pasti gejala penyakit rematik, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbul nya penyakit rematik ini. Beberapa gejala umum penyakit rematik adalah sebagai berikut :


1. Nyeri sendi
- Nyeri sendi mekanik : timbul setelah aktivitas dan hilang setelah istirahat serta tidak timbul pada pagi hari.

- Nyeri inflamasi : nyeri bertambah berat pada pagi hari setelah bangun tidur yang disertai kaku sendi atau nyeri yang hebat pada awal gerak dan berkurang setelah melakukan ativitas.

2. Kaku pada sendi : Rasa seperti diikat.

3. Bengkak sendi : Terdapat perubahan warna, bentuk dan posisi sendi.

4. Gangguan fungsi : pada sendi yang meradang biasanya posisi persendian sedikit ditekuk sehingga sendi yang nyeri tidak dapat berfungsi normal dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Timbulnya tofi atau benjolan kecil di jaringan bawah kulit : terjadi perubahan fisik di jari dan kuku, serta terjadi kelainan di bagian selaput lendir. Fungsi penglihatan terganggu, berat badan menurun disertai rasa lelah, lesu dan susah tidur, aktivitas seksual suami istri terganggu. Biasanya, calon penderita mudah menangis, susah buang air besar, murung dan gerakan tubuhnya lamban.mendiagnosa gejala tofi bias dilakukan dengan cara memeriksa dan meneliti fisik orang yang diduga menderita, yakni memeriksa kulit dan kukunya; memeriksa tulang punggung dan lengkungan-lengkungannya; memeriksa gerakan setiap persendian serta bagian siku, punggung tangan, tumit belakang dan sacrum (tulang duduk) tubuh.

Agar lebih pasti, jika mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah memeriksakan diri ke laboratorium. Di tempat ini, biasanya akan dilakukan analisis faktor rheumatoid, antibodi antinuklear (ANA), dan asam urat darah. Saat ini, selain dari kepastian laboratorium, ilmu kedokteran juga telah menemukan cara analisis baru untuk mendeteksi penyakit rematik, yakni melalui diagnosis radiologic dan cairan sendi dengan alat yang serba canggih.

Title Post: Gejala Rematik
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment