Thursday, November 15, 2012

Penyebab Timbulnya Jerawat


Jerawat. Ngomongin soal jerawat, pasti udah pada kenal sama penyakit yang satu ini. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah kita, namun sebelum kita membahas tentang penyebab jerawat sebaiknya kita cari tahu dulu definisi atau pengertian jerawat itu sendiri.

Jerawat biasa disebut dengan acne adalah jenis penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun dari folikel pilosebacea (seperti kelenjar keringat dikepala) yang ditandai dengan munculnya komedo, papul, pustul, nodus dan kista.

Jerawat yang timbul pada wajah disebabkan oleh bakteri proprioni bacterium acnes yang kerjanya merubah sebum (keringat) dari bentuk yang awal nya cair menjadi lebih padat, sehingga mudah menyumbat pori-pori kulit.


Jerawat sendiri bisa timbul karena beberapa faktor, antara lain sebagai berikut :

1. Adanya sumbatan di pori-pori kulit oleh sebum yang berubah jadi padat / kental.

2. Peningkatan produksi sebum akibat pengaruh hormonal, kondisi fisik dan psikologis. Jika disertai dengan sumbatan pada muara kelenjar sebacea, maka aliran keluar sebum akan terbendung.

3. Peningkatan populasi dan akttifitas proprionibacterium acnes yang berperan pada proses peradangan serta membentuk enzim lipolitik (pemecah lemak) yang makin menutup pori.

4. Reaksi radang akibat serbuan sel darah putih ke sekitar kelenjar sebacea yang sudah mengalami bendungan dan akhirnya pecah.

5. Faktor lain : usia, ras, familia, makanan, cuaca / musim yang secara tidak langsung dapat memacu peningkatan proses terjadinya jerawat. Jerawat sering terjadi pada wanita sekitar usia 14-17 tahun, di ketahui juga bahwa ras oriental (Jepang, Cina, Korea) lebih jarang menderita jerawat.

6. Peningkatan kadar hormon androgen, anabolik, kortikosteroid, gonadotropin berpengaruh juga pada terjadi nya jerawat.

Title Post: Penyebab Timbulnya Jerawat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment