Wednesday, November 14, 2012

Energi Potensial


Energi potensial adalah energi yang tersimpan di dalam benda sebagai hasil dari kedudukan atau keadaannya.segala benda yang dapat jatuh kearah bawah memiliki energi potensial. Pegas yang ditekan, diulur, atau dikumpar (dililitkan) juga memiliki energi potensial.


Contoh cara menyimpan energi sebagai energi potensial adalah dengan mengangkat bata dari permukaan lantai ke atas meja. Orang atau alat pengangkat bata melakukan kerja pada arah berlawanan dengan gaya gravitasi sebab ia menggerakkan bata kearah atas. Ketika bata ditaruh diatas meja, bata telah memperoleh energi potensial setara dengan jumlah kerja yang telah dilakukan. Jika batu diangkat dengan seutas benang pada batang poros mesin generator listrik dan kemudian dijatuhkan, energi potensialnya akan berubah menjadi energi listrik.

Ketika suatu benda diangkat, kerja yang dilakukan sebanding dengan gaya gravitasi ke bawah dikalikan selisih ketinggian yang dicapai. Karena kerja sebanding dengan peningkatan energi potensial (EP), persamaan dari kenaikan energi potensial dalam satuan joule adalah EP = mgh; m adalah massa benda dalam satuan kilogram dan h adalah selisih ketinggian yang dicapai. Konstanta g mengubah massa benda dalam satuan kilogram menjadi hitungan bobot dalam satuan newton, dengan dikalikan faktor 9,8.

Sebungkus gula seberat satu kilogram yang diletakkan pada rak setinggi dua meter memiliki energi potensial sebesar 1×9,8×2=19,6 joule lebih besar bila dibandingkan bila diletakkan di atas lantai. Sekantong kentang seberat 5kilogram yang ditaruh di rak pada ketinggian dua meter akan kehilangan energi potensial sebesar 5×9,8x 2=98joule ketika jatuh ketanah. Ia akan mempunyai energi kinetik sebesar 98joule ketika menyentuh lantai.

Title Post: Energi Potensial
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment