Wednesday, November 14, 2012

Pengertian Jamur


Fungi atau jamur tidak sama seperti tumbuhan lain. Jamur tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat memuat makanan sendiri. Jamur mengasup makanan dengan menghasilkan zat-zat kimia yang melapukkan tubuh makhluk lain (misalnya tumbuhan) atau bangkai. Jamur menyerap zat maknan dari jasad organisme yang meluruh. Jamur kayu, ragi, jamur roti, dan jamur lendir adalah fungi.


Tudung jamur yang terlihat di atas tanah adalah badan buah fungi. Di dalam tanah atau kayu yang lapuk, terdapat bagian fungi yang tersembunyi. Bagian tersebut merupakan suatu massa sel seperti benang yang disebut miselium. Dalam badan buah terdapat spora, yang akan terbawa angin ke tempat lain.

Beberapa jenis fungi juga dapat dikonsumsi oleh hewan dan manusia. Namun, kita harus mengenal jenis fungi yang dapat dimakan. Ada fungi beracun, yang dapat menyebabkan sakit perut atau bahkan kematian. Fungi juga ditemukan hidup di laut dan air tawar, yang kadang mengapung mirip buih dipermukaan air. Ada pula fungi yang hidup di kulit hewan. Banyak penyakit kulit dan gejala infeksi mulut dan telinga yang dipicu oleh fungi. Namun, fungi juga dapat menguntungkan manusia. Jamur penisilin dimanfaatkan sebagai antibiotik, sedangkan jamur ragi dipakai untuk membuat roti, tape dan tempe.

Title Post: Pengertian Jamur
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment