Saturday, April 6, 2013

Struktur Sel Saraf

Dalam satu sel neuron, sitoplasmanya mengandung ribosom, badan golgi, retikulum endoplasma, dan mitokondria. Neuron mendapatkan suplai makanan melalui sel neuronglia yang menyelubunginya. Neuron tersusun dari badan sel, dendrit, dan akson. 

1. Badan sel 
Badan sel mengandung inti sel. Setiap rangsangan akan dibawa ke badan sel oleh dendrit. 

2. Dendrit 
Dendrit merupakan sejumlah serabut sitoplasma. Fungsi dendrit adalah membawa rangsangan menuju ke badan sel. 

3. Akson 
Akson merupakan serabut sitoplasma tunggal. Fungsi akson adalah membawa rangsangan meninggalkan badan sel. 
Akson dari beberapa vertebrata diselubingi oleh sel penyokong yang disebut sel Schwann. Akson juga dapat bercabang-cabang di dekat ujungnya (terminal akson). Titik antara terminal akson neuron yang satu dengan yang lainnya disebut sinapsis. Sinapsis berfungsi meneruskan rangsangan ke sel saraf yang lain. Sinapsis atau sambungan ini mengeluarkan bahan kimia yang disebut neurotransmitter, yang berguna meneruskan rangsangan. 
Pada neuron terdapat selubung lemak, yaitu selubung mielin, yang mengelilingi akson. Selubung mielin terdiri atas membran sel yang meluas dari sel Schwann. Tidak semua akson dilindungi oleh selubung mielin, misalnya pada tempat pertemuan antara satu selubung dari satu sel Schwann dan selubung berikutnya. Daerah tersebut dinamakan nodus ranvier. Nodus ranvier berperan penting pada penyampaian impuls saraf, sehingga impuls saraf melompat dengan cepat ke nodus berikutnya.

Title Post: Struktur Sel Saraf
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment