Saturday, April 6, 2013

Jenis Neuron

Penggolongan neuron adalah berdasarkan cara neuron memindahkan rangsangan dan posisi yang ditempati neuron. Berdasarkan kedua hal tadi, ada tiga jenis neuron yaitu : neuron aferen, neuron intermedier, dan neuron eferen. 

Neuron aferen menyampaikan rangsangan dari organ penerima rangsangan (reseptor) kepada sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Badan sel neuron aferen yang bergerombol disebut ganglia. Ganglia berlanjut ke sumsum tulang belakang. Akson neuron aferen membawa rangsangan menuju ke jaringan saraf pusat. 

2. Neuron intermedier (Interneuron) 
Neuron intermedier membentuk mata rantai dan terdapat di dalam sistem saraf pusat. Neuron ini dirangsang oleh impuls dari neuron sensori atau dari neuron intermedier lain. Neuron intermedier terdapat di hampir diseluruh lintasan koordinasi saraf. Dapat kita bayangkan, betapa banyak neuron intermedier (paling sedikit beberapa milyar) pada sistem saraf pusat. Impuls akan diteruskan/diestafetkan ke neuron motor atau neuron intermedier lain. 

3. Neuron Eferen (Neuron Motor) 
Neuron eferen berfungsi mengirimkan impuls dari sistem saraf pusat ke otot dan kelenjar yang akan melakukan respons tubuh. Pada umumnya, neuron eferen menerima impuls dari neuron intermedier. Akan tetapi, ada kalanya impuls ditransmisikan secara langsung dari neuron aferen ke neuron eferen.

Title Post: Jenis Neuron
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment