Thursday, November 22, 2012

Struktur Ginjal Manusia

Ginjal atau ren disebut juga buah pinggang, bentuknya seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah, berwarna merah keunguan, dan yang kiri terletak agak lebih tinggi daripada yang kanan.


Lapisan ginjal bagian luar disebut kulit ginjal atau korteks, sedangkan lapisan dalam disebut sumsum ginjal atau medulla. Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal yang disebut pelvis renalis.

Satuan structural dan fungsional ginjal yang terkecil disebut nefron. Tiap nefron terdiri atas badan Malpighi yang tersusun dari kapsul bowman; glomerulus yang terdapat di bagian korteks; serta tubulus-tubulus, yaitu tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal, tubulus pengumpul (collecting tubule), dan lengkung henle yang terdapat di bagian medulla. Pada sebuah ginjal manusia terdapat kurang lebih 1juta nefron.

Kapsul bowman berdinding rangkap dengan glomerulus di dalam cekungan kapsulnya. Glomerulus merupakan untaian pembuluh kapiler darah yang dindingnya bertaut menjadi satu dengan dinding kapsul bowman sehingga zat-zat yang terlarut dalam darah turut merembes ke dalam ruang kapsul bowman yang berdinding rangkap tersebut. Pembuluh darah arteri yang bercabang-cabang menjadi sejumlah ateriola disebut arteriola aferen. Arteriola aferen bercabang-cabang menjadi kapiler glomerulus. Kapiler glomerulus bersatu kembali menjadi arteriola aferen dan membelit-belit mengelilingi tubulus proksimal, lengkung henle, dan tubulus distal dari suatu nefron; kemudian bermuara ke dalam venula serta bergabung menjadi vena renalis menuju vena kava interior.

Lengkung henle ialah bagian saluran ginjal (tubulus) yang melengkung pada daerah medulla dan berhubungan dengan tubulus proksimal maupun tubulus distal di daerah korteks. Bagian lengkung henle ada dua, yaitu lengkung henle askenden (menanjak) dan lengkung henle deskenden (menurun). Pada orang dewasa, panjang seluruh tubulus lebih kurang 7,5-15km.

Ginjal dilindungi oleh lemak, dan selain itu terdapat arteri renal (arteri ginjal) yang menyuplai darah. Tiap-tiap arteri renal memiliki jaringan pembuluh (kapiler) di korteks. Sebagai akibatnya, korteks tampak lebih gelap daripada medulla.

Ginjal mengendalikan potensial air pada darah yang melewatinya. Substansi yang menyebabkan ketidakseimbangan potensial air pada darah dipisahkan dari darah dan diekskresikan dalam bentuk urin. Contohnya : Sisa nitrogen hasil pemecahan asam amino dan asam nukleat.

Title Post: Struktur Ginjal Manusia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment