Friday, November 23, 2012

Retikulum Endoplasma


Retikulum Endoplasma merupakan system perluasan membrane-membran yang saling berhubungan yang membentuk saluran pipih seperti tabung di dalam sitoplasma. Dalam pengamatan mikroskop, Retikulum Endoplasma tampak seperti saluran berkelok-kelok dan jala yang berongga-rongga. Saluran-saluran tersebut berfungsi untuk membantu gerakan substansi-substansi dari satu bagian sel ke bagian lainnya. Dalam sel terdapat dua tipe reticulum endoplasma, yaitu reticulum endoplasma kasar dan reticulum endoplasma halus.



Disebut reticulum endoplasma kasar karena pembentukannya diselubungi oleh ribosom sehingga membrane ribosom kelihatan seperti helaian panjang kertas pasir. Ribosom adalah tempat sintesis protein.

Protein yang disintesis pada ribosom yang melekat pada reticulum endoplasma biasanya ditujukan untuk luar sel. Contohnya, sel-sel yang khusus untuk mensekresikan protein misalnya sel pancreas yang menghasilkan hormone insulin mengandung reticulum endoplasma kasar yang besar.

Setelah protein selesai dibuat oleh ribosom dipermukaan reticulum endoplasma, protein tersebut diangkut ke ruangan dalam reticulum endoplasma. Dalam saluran ini protein mungkin diubah oleh enzim-enzim yang berada di permukaan dalam membrane reticulum endoplasma, biasanya ditambah dengan molekul karbohidrat. Apabila protein telah mencapai reticulum endoplasma, protein tersebut disimpan dalam membrane kecil yang mengandung kantong yang disebut vesikula. Vesikula ini dibentuk dari irisan reticulum endoplasma halus yang berhubungan dengan reticulum endoplasma kasar.

Jadi fungsi reticulum endoplasma kasar adalah mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetic antara inti sel dengan sitoplasma.


Reticulum endoplasma halus tidak ditempeli ribosom sehingga permukaannya halus. Reticulum endoplasma halus memiliki enzim-enzim pada permukaannya yang berfungsi untuk sintesis lipida, glikogen dan persenyawaan steroid seperti kolesterol, gliserida dan hormon.

Title Post: Retikulum Endoplasma
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment