Friday, November 23, 2012

Mitokondria


Mitokondria mempunyai dua lapisan membrane atau membrane rangkap, yaitu membrane luar dan membrane dalam. Membrane luar, permukaannya halus dan membrane dalam berlekuk-lekuk. Pelekukan ini disebut Krista. Pada bagian Krista terdapat enzim untuk fosforilasi oksidatif dan system transport electron, sedangkan enzim untuk siklus kerbs dan asam lemak terdapat dalam ruang matriks. Membrane dalam membagi mitokondria menjadi dua ruang yaitu :


1.Ruang intermembran

Ruang intermembran merupakan ruangan yang sempit di antara membrane luar dan membrane dalam. Membrane luar dapat dilalui semua molekul kecil dan tidak dapat dilalui protein dan molekul besar.

2.Matriks Mitokondria

Matriks mitokondria merupakan ruang yang diselubungi oleh membrane dalam. Beberapa langkah metabolismeterjadi dalam matriks. Protein yang berperan dalam respirasi  termasuk enzim membuat ATP, dibuat dalam membrane dalam. Membrane dalam juga memiliki permukaan yang luas sehingga dapat meningkatkan produktivitas respirasi seluler. Bagian dalam matriks juga banyak mengandung protein dan DNA, ribosom dan beberapa jenis RNA. Karena adanya DNA, RNA dan ribosom, maka mitokondria dapat mensintesis protein sendiri.

DNA mitokondria merupakan sandi untuk protein dan enzim structural membrane dalam, sedang DNA nucleus sebagai sandi untuk protein matriks dan membrane dalam. Pada sel-sel yang aktif atau memiliki metabolism tinggi, pada mitokondrianya banyak terdapat Krista, misalnya sel otot jantung mempunyai banyak mitokondria dengan Krista yang rapat.

Title Post: Mitokondria
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment