Thursday, April 4, 2013

Sistem Peredaran Darah Pada Vertebrata

Berdasarkan jenis cairan yang diedarkan, sistem peredaran darah pada vertebrata dibedakan menjadi dua macam, yakni sistem peredaran darah dan sistem limfatik (peredaran getah bening). Berdasarkan cara peredarannya, sistem sirkulasi pada vertebrata ada 2 macam, yaitu sistem peredaran darah pada limfa, dan sistem peredaran darah tertutup pada darah. 

Sistem peredaran darah pada vertebrata berbeda dengan sistem peredaran darah pada invertebrata dalam hal ada tidaknya pusat koordinasi peredaran. Pada invertebrata tidak dijumpai suatu pusat koordinasi peredaran. 

Sistem peredaran darah vertebrata terdiri dari jantung, arteri, vena, kaliper, dan darah. Jantung adalah pusat peredaran. Jantung yang terusun oleh otot yang kuat memiliki kontraksi yang ritmik (teratur); biasa kita sebut dengan denyut jantung. Dengan kekuatan kontraksinya, jantung mampu mendorong darah meninggalkan jantung. 

Pembuluh darah yang meninggalkan jantung disebut arteri (nadi). Selanjutnya, arteri bercabang-cabang diseluruh jaringan tubuh menjadi arteri yang halus dan disebut kapiler. Darah dari seluruh tubuh akan kembali melalui venula (pembuluh balik kapiler) kemudian menuju vena (pembuluh balik yang lebih besar) dan akhirnya kembali ke jantung. 

Plasma darah vertebrata tak berwarna dan mengandung sel darah merah (eritrosit). Pada umumnya, eritrosit vertebrata berbentuk oval dan berinti. Akan tetapi, eritrosit pada mamalia berbentuk bikonkaf fan tidak berinti. Sel darah putih (leukosit) ada beberapa macam dan masing-masing mempunyai tugas khusus. Selain itu, terdapat juga keeping-keping darah (trombosit). 

Eritrosit berwarna merah karena adanya hemoglobin yang berperan dalam pengikat O2 pada sistem pernapasan. Plasma darah berfungsi membawa sari-sari makanan, sampah metabolism, hasil proses sekresi, dan beberapa gas. 

Pada hewan vertebrata, vena yang membawa darah meninggalkan lambung dan usus disebut vena porta karena membawa darah ke susunan kapiler yang lain. Bila kapiler yang dituju adalah kapiler dalam hati (hepar) maka vena ini disebut vena porta hepatika. Pada umumnya vertebrata tingkat rendah memiliki vena portal renalis (ginjal). 

Sistem peredaran getah bening (sistem limfatik) berperan dalam pertahanan tubuh dan pengembalian plasma dari jaringan-jaringan.

Title Post: Sistem Peredaran Darah Pada Vertebrata
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment