Monday, April 8, 2013

Sistem Gerak Pada Manusia

Tulang merupakan alat gerak pasif dan otot merupakan alat gerak aktif. Gerakan tubuh terjadi karena adanya kerja sama antara tulang dan otot. Otot dikatakan alat gerak aktif karena mampu berkontraksi untuk menggerakkan tulang. 

Rangka manusia terdiri dari tulang rawan (kartilago) yang dihasilkan dari sel-sel mesenkima terbentuk. Setelah kartilago terbentuk, bagian dalamnya akan berongga dan terisi osteoblas (sel-sel pembentuk tulang). Proses penulangan ini disebut osifikasi. 

Berdasarkan matriksnya, jaringan tulang dibedakan atas tulang kompak, jika matriksnya padat dan rapat, dan tulang spons jika matriknya berongga. 

Rangka manusia berfungsi untuk member bentuk tubuh, melindungi alat tubuh yang vital, menahan dan menegakkan tubuh, tempat pelekatan otot, tempat menyimpan zat kapur, dan tempat pembentukan sel darah. 

Tulang di dalam tubuh dapat berhubungan secara erat atau tidak erat. Hubungan antartulang disebut artikulasi. Bila hubungan tulang dengan tulang digunakan untuk suatu gerakan, diperlukan suatu bentuk khusus yang disebut sendi. Macam hubungan tulang adalah sinatrosis, diartrosis, dan amfiartrotis. 

Sinatrosis adalah hubungan antartulang yang tidak memungkinkan adanya gerakan. Diartrosis adalah hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerakan. Amfiartrosis adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan adanya sedikit gerakan. 

Otot merupakan alat gerak aktif, berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi tiga yaitu: otot rangka, otot polos, dan otot jantung. Berdasarkan sifat kerja, otot dapat dibedakan menjadi otot antagonis dan sinergis. Mekanisme gerak otot, didasarkan adanya dua set filamen di dalam sel otot kontraktil yang berupa filamen aktin dan filamen miosin. 

Mekanisme gerak otot merupakan proses pembebasan dan penggunaan energi. Rangsangan diterima oleh asetikolin yang mengakibatkan aktomiosin mengerut dan dalam pengerutan ini diperlukan energi dari pemecahan ATP menjadi ADP dan ADP menjadi AMP. Dengan demikian otot berkontraksi. ATP (Adenin Tri Posphat) merupakan sumber energi penting untuk kontraksi otot. ATP berasal dari oksidasi karbohidrat dan lemak.

Title Post: Sistem Gerak Pada Manusia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment