Friday, April 19, 2013

Sel Darah Merah

Sel darah merah berwarna merah kekuningan, warna merah itu berasal dari hemoglobin. Sel darah merah dapat mengikat oksigen karena adanya hemoglobin. Selain itu, sel darah merah dapat mengkatalisis reaksi antara CO2 dan air karena sel darah mengandung anhidrase karbonat dalam jumlah besar. Reaksi ini memungkinkan darah bereaksi dengan sejumlah besar CO2 dan mengangkutnya dari jaringan ke paru-paru. 

Kadar hemoglobin dalam darah bervariasi tergantung jenis kelamin dan umur. Oleh karenanya sulit untuk menentukan nilai standarnya. Pada kondisi yang normal 100ml darah lelaki dewasa kadar Hbnya 15-16gr. Penentuan kadar hemoglobin dapat dilakukan dengan mengukur banyaknya ml oksigen yang diikat oleh Hb (1,34ml O2 dapat diikat oleh 1gr Hb), atau secara kalorimetrik dengan membandingkan antara intensitas warna Hb dengan warna standar. 

Konsentrasi sel darah merah pada laki-laki normal adalah 5.400.000 permililiter kubik dan pada wanita normal 5.000.000 permililiter kubik. 

Faktor yang menentukan variasi jumlah sel darah merah adalah jenis kelamin, usia, dan juga ketinggian tempat orang tersebut hidup. Jumlah sel darah merah dapat berkurang, misalnya karena luka yang mengeluarkan banyak darah atau karena anemia. 

Oksigen yang diperlukan oleh jaringan tubuh dibawa oleh darah dengan ikatan yang mudah lepas dalam bentuk oksigenhemoglobin (oksihemoglobin). Dalam waktu satu menit, 5 liter darah yang dipompa oleh jantung dapat melepaskan lebih kurang 250ml oksigen yang terikat oleh hemoglobin dalam sel darah merah. Sebagian kecil oksigen juga diangkut oleh plasma darah. Dari jaringan tubuh, hemoglobin akan mengikat sebagian karbon dioksida dalam bentuk karbomino hemoglobin. 

Jumlah pelepasan oksigen dari Hb seperti nilai di atas terjadi saat orang dalam keadaan istirahat. Aktivitas seseorang akan berpengaruh pada peredaran darah sehingga jumlah oksigen yang dibebaskan dapat pula berubah.

Title Post: Sel Darah Merah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment