Monday, April 8, 2013

Pengertian Osteoporosis

Osteoporosis dicirikan dengan tulang yang ringan. Penghancuran tulang lebih cepat daripada pembentukannya yang disebabkan meningkatnya jumlah osteoklas (perombak tulang). Tulang penderita Osteoporosis menjadi berpori dan ringan; tulang kompaknya lebih tipis dan kurang padat dibandingkan tulang yang normal; tulang sponsnya lebih sedikit mengandung trabekula. 

Berkurangnya massa tulang (tulang kurang padat) sering menyebabkan tulang mudah patah. Yang paling sering adalah tulang belakang dan tulang panggul. 

Osteoporosis terutama mengancam wanita yang telah menopause (berhenti haid), karena produksi hormone estrogen berkurang. Estrogen ini berfungsi mengatur kepadatan massa tulang. Kurang berolahraga serta diet kurang kalsium dan protein juga dapat memperparah Osteoporosis. 

Secara tradisional, Osteoporosis dapat diatasi dengan pemberian kalsium dan vitamin D, berolahraga, dan pemberian estrogen. Cara yang lebih baru adalah memberikan obat atau hormon yang mencegah aktivitas osteoklas. Cara lain adalah dengan memberikan hormon yang meniru kerja hormon estrogen, tapi sel targetnya hanya pada jaringan tulang tanpa menstimulasi jaringan payudara dan rahim. Cara-cara baru tersebut tidak untuk penyembuhan, tetapi untuk meningkatkan massa tulang dan mencegah tulang mudah patah.

Title Post: Pengertian Osteoporosis
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment