Friday, April 5, 2013

Jenis-Jenis Otot

Di dalam tubuh kita ada tiga jenis otot yaitu otot polos/visceral, otot lurik/rangka, dan otot jantung. 

1. Otot Polos terdiri atas sel-sel berbentuk gelondong yang panjangnya antara 30-200 milimikron. Mempunyai satu inti sel dan terletak di bagian tengah. Kontraksinya tidak di bawah pengaruh kesadaran, disebut otot involunter. Selnya disarafi oleh system saraf otonom. 
Aktivitas otot polos tidak menimbulkan kelelahan meskipun dalam jangka waktu lama. Untuk berkontraksi, otot polos memerlukan waktu antara 3 detik sampai 3 menit. Otot polos terdapat pada rongga tubuh seperti saluran pencernaan makanan, kantong kemih, organ reproduksi, pembuluh darah, dan saluran pernapasan 

2. Otot lurik terdiri atas-atas silinder yang sangat panjang dan tidak bercabang. Panjang sel bervariasi antara 3-4 cm. inti sel banyak, dan terletak di bagian tepi sel. Miofibril sejajar dengan serabut ototnya membentuk daerah terang (isotrop) dan gelap (anisotrop) sehingga tampak berupa garis-garis melintang. 
Kontraksi otot lurik di bawah kesadaran sehingga disebut otot volunteer, selnya dipersarati oleh sistem saraf pusat. Kontraksi otot lurik cepat dan kuat serta dapat menimbulkan kelelahan. Otot lurik melekat di bagian rangka 

3. Otot jantung, secara structural otot ini menyerupai otot lurik, perbedaannya terletak pada percabangan dan intinya. Sel-selnya membentuk rantai dan sering bercabang dua atau lebih membentuk sinsitium (syncytium). Inti selnya satu atau dua buah dan terletak di bagian pusat. Kontraksinya tidak di bawah pengaruh kesadaran (involunter) dan tidak menimbulkan kelelahan. Sel dipersarafi oleh sistem saraf otonom. Otot jantung hanya terdapat di jantung.

Title Post: Jenis-Jenis Otot
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment