Thursday, February 21, 2013

Sistem Limfa

Sistem limfa adalah system pengangkutan cairan limfa dari jaringan ke dalam darah. System ini juga memuat sel-sel yang membuat tubuh maupun menangkal penyakit. 

Ketika darah mengalir di sepanjang sistem getah bening merembes melalui dinding kapiler. Cairan ini menghantarkan oksigen dan zat makanan esensial ke sel-sel jaringan. Cairan getah bening membuang zat-zat sisa dan kembali merembes masuk ke aliran darah melalui dinding kapiler. 

sistem limfa

Setiap hari sekitar 24 liter cairan getah bening merembes melalui dinding kapiler menuju ke jaringan. Sebagian besar kembali merembes balik ke aliran darah. Namun, sekitar 4liter dari antaranya tetap tertinggal di jaringan. System limfa mengangkut zat sisa yang disebut limfa dan membuangnya melalui pembuluh darah di bagian dada atas. 

Limfa berupa cairan bening yang mengandung zat-zat terlarut, serpihan sel, dan patogen seperti bakteri serta virus. Limfa hanya mengalir ke satu arah, yaitu keluar dari jaringan. Tidak seperti darah, yang dipompa oleh jantung, limfa melalui system limfa dengan bantuan otot-otot rangka, yang mendorong cairan saat mereka berkontraksi. Katup-katup pada pembuluh limfa mencegah cairan mengalir mundur. 

Ketika cairan limfa mengalir melaui pembuluh limfa, ia melintasi nodus limfa. Di sinilah sel-sel darah putih yang disebut makrofag memerangkap dan menelan serpihan sel dan patogen. Sel darah putih lainnya yang disebut limfosit menghasilkan antibody, yaitu zat kimia yang mengincar patogen untuk dihancurkan. Organ-organ limfa lain memiliki peran serupa. Amandel mencekal pathogen yang masuk melalui rongga mulut. Limfosit dan makrofag bekerja sama membentuk sistem kekebalan tubuh, pertahanan terampuh tubuh untuk menangkal penyakit.

Title Post: Sistem Limfa
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment