Wednesday, November 14, 2012

Organisme Bersel Tunggal


Makhluk hidup yang paling sederhana adalah organisme bersel tunggal. Mereka adalah makhluk hidup pertama di bumi, dan hingga sekarang masih dijumpai dimana-mana.

Sel adalah bagian terkecil dari satuan unit penunjang kehidupan. Makhluk hidup yang paling sederhana hanya memiliki satu sel, yang memuat seluruh informasi dan proses yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan reproduksi sel tersebut.


Sel memiliki dinding luar yang tipis, yang dapat tembus dilalui oleh zat-zat kimia. Didalam dinding sel terdapat cairan mirip selai yang disebut sitoplasma, yang memuat struktur-struktur kecil atau organ-organ kecil, biasa juga disebut dengan organel, untuk menjalankan fungsi-fungsi khusus. Struktur pusat adalah nukleus, yang memuat gen yang menentukan bentuk dan fungsi sel. Selebihnya adalah struktur-struktur lain melepaskan energi dari makanan, membuang zat-zat sisa atau melindungi sel dari serangan organisme lain.

Lebih dari 3.000 jutatahun silam, organisme bersel tunggal pertama muncul di perairan bumi. Unsur-unsur kimia yang mewujudkan terciptanya kehidupan belum diketahui.

Kini makhluk hidup paling sederhana diklasifikasikan dalam kelompok monera. Ada dua kelompok utama, yaitu bakteri dan sianobakteri (ganggang hijau biru/ ganggang biru). Ukurannya sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat melalui mikroskop dengan perbesaran yang cukup kuat.

Title Post: Organisme Bersel Tunggal
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment