Thursday, November 15, 2012

Manfaat Buah Apel


Buah Apel selain rasa nya yang enak, buah Apel juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Buah Apel memiliki nama latin Malus sylvestris, buah Apel termasuk dalam famili Rosaceae. Rasa apel sangat menyegarkan. Daging buahnya berwarna putih, bertekstur halus dan berair. Bijinya berbentuk agak bulat dan berwarna cokelat tua.

Kandungan buah apel yang berkhasiat adalah karoten dan pektin yang merupakan serat larut dalam air. Pektin adalah salah satu tipe serat kasar berbentuk gel yang dapat memperbaiki otot pencernaan serta mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Selain itu, pektin juga menyerap kelebihan air di dalam usus dan memperlunak feses (kotoran) serta mengikat racun dalam usus. Apel memiliki indeks glikemik yang sangat rendah (tidak cepat meningkatkan gula darah). Buah ini juga berfungsi mengontrol keluarnya insulin, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol.


Apel lebih baik dimakan segar. Beberapa saat setelah makan apel, glukosa darah akan meningkat sehingga menimbulkan rasa kenyang. Zat asam dalam apel dikenal sebagai zat pembersih tubuh dan penyembuh segala peradangan. Sedangkan jus apel cenderung mendorong insulin masuk ke dalam gula darah sehingga mempercepat rasa lapar.

Apel mengandung vitamin A sebesar 50% lebih banyak dari pada jeruk sehingga cocok untuk mengatasi segala infeksi. Vitamin C yang terkandung di dalamnya penting untuk pembentukan tulang dan membantu penyerapan Fe dari makan seperti telur dan hati. Selain itu, kandungan kalsiumnya membantu pencernaan menyerap kalsium dari makanan.

Title Post: Manfaat Buah Apel
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment