Friday, November 16, 2012

Kulit


Kulit adalah lapisan pelindung hidup yang beratnya dapat mencapai empat kilogram dan dapat memperbaiki diri bila terluka atau sobek. Kulit paling tipis berada di kelopak mata, tebalnya sekitar 1milimeter. Kulit yang paling tebal berada di telapak kaki tebalnya sekitar 4 milimeter.


Kulit terdiri dari dua lapisan; epidermis dan dermis. Epidermis menutupi permukaan kulit. Lapisan terluarnya terdiri dari sel-sel mati mirip sisik yang berisi protein kedap air yang disebut keratin. Sel-sel mati ini selalu mengelupas dan digantikan oleh sel-sel yang terbentuk di epidermis bawah. Sel-sel ini juga menghasilkan melanin, pigmen coklat yang mewarnai kulit. Garis-garis pada kulit jari membantu saat kita memegang sesuatu. Garis-garis pada kulit jari juga dapat menandai suatu permukaan dengan pola yang disebut sidik jari.

Lapisan yang lebih tebal, dermis, mengandung pembuluh darah, kelenjar keringat, folikel atau akar rambut, dan indra perasa yang mendeteksi tekanan, rasa sakit, suhu, dan sentuhan. Dermis juga mengandung kelenjar minyak, yang mengeluarkan minyak ke kulit dan rambut untuk melembutkan dan membuatnya kedap air.

Kulit memiliki banyak fungsi. Selain kedap air, kulit membantu menjaga stubuh tetap 37oC. Kulit juga menjadi penghalang yang melindungi tubuh dari serangan penyakit. Melanin mencegah sinar matahari yang berbahaya mencapai dermis.

Title Post: Kulit
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment